Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
..::Selamat Datang di Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup::.. .:: Dikarenakan Alasan Teknis, Sementara Waktu http://ppejawa.menlh.go.id belum bisa dioperasikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ::..

Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Jombang

18 April 2013 - 11:00:31 - Hits : 380 - Posted by sugeng



SIARAN PERS

KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
PUSAT PENGELOLAAN EKOREGION JAWA (PPEJ)

PENCANANGAN GERAKAN INDONESIA BERSIH KABUPATEN JOMBANG


Jombang, 18 April 2013 – Sebagai tindaklanjut Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) oleh Bapak Wakil Presiden RI pada tanggal 12 Nopember 2012, Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) Kementerian Lingkungan Hidup bersama Bupati Jombang memberi respon positif dengan pelaksanaan Launching dan Aksi Nyata Program GIB pada hari Kamis-Jumat 18-19 April 2013 di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah, Kabupaten Jombang.
   
Gerakan Indonesia Bersih (GIB) menjadi bagian penting dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya kebersihan dan pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (reduce, reuse, recycle) yang melibatkan seluruh Kementerian/Lembaga, perusahaan dan masyarakat. GIB juga sangat membantu program pemerintah dalam penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26% tahun 2020. Sebesar lebih kurang 2,6% adalah dari sektor persampahan dan sebesar 70% dari kegiatan TPA. Gerakan Indonesia Bersih adalah gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui kesehatan pengelolaan sampah dan sanitasi di lingkungan rumah tangga, lingkungan perkotaan dan fasilitas-fasiitas umum. Rencana aksi Gerakan Indonesia Bersih tahun 2012 - 2014 diterbitkan dalam 11 (sebelas) buku sesuai dengan jumlah lokasi-lokasi yang menjadi tempat dilaksanakanya rencana aksi tersebut meliputi :
1.   Buku 1 tentang kebersihan di prasarana dan sarana transportasi,
2.   Buku 2 tentang kebersihan di prasarana dan sarana kesehatan,
3.   Buku 3 tentang kebersihan di prasarana dan sarana pendidikan,
4.   Buku 4 tentang kebersihan sungai dan bantaran sungai,
5.   Buku 5 tentang kebersihan di kantor Pemerintah dan Markas TNI/Polri,
6.   Buku 6 tentang kebersihan di prasarana dan sarana perdagangan,
7.   Buku 7 tentang kebersihan di kawasan industri,
8.   Buku 8 tentang kebersihan di kawasan wisata,
9.   Buku 9 tentang kebersihan di ruang terbuka hijau,
10.  Buku 10 tentang kebersihan di prasarana dan sarana sosial dan keagamaan
11.  Buku 11 tentang kebersihan di prasarana dan sarana perkotaan

Gerakan Indonesia Bersih dilaksanakan dengan mengacu pada konsep pengelolaan sampah dan sanitasi yang meliputi 5 (lima) aspek yaitu: Aspek peraturan, Aspek kelembagaan, Aspek pendanaan, Aspek Sosial budaya, dan Aspek Teknologi.

Beberapa kabupaten/kota yang telah merespon GIB antara lain: Kota Surabaya, Kabupaten Badung-Bali, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kota Malang dan Kabupaten Jombang. Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, dalam sambutan tertulisnya menyatakan bahwa respon positif seperti Kota Jombang perlu dicontoh oleh kota-kota lainnya. 

Sementara Asdep Pengelolaan Sampah Ir. R.Sudirman, MM menegaskan, kota-kota peraih Adipura wajib memiliki nilai baik pada 6 (enam) lokasi fokus yaitu : perkantoran, sekolah-sekolah, puskesmas/rumah sakit, perairan terbuka/sungai, pasar dan sarana transportasi seperti terminal, pelabuhan laut dan pelabuhan udara.

Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto, MM mengatakan bahwa GIB merupakan gerakan kebersihan dan penghijauan semesta di kabupatennya. Gerakan ini diharapkan dapat memacu masyarakat Jombang untuk berpartisipasi aktif meningkatkan pengelolaan sampah dan sanitasi sekaligus meningkatkan ketahanan pangan keluarga berbasis pengolahan sampah.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU aksi nyata GIB oleh stakeholder Pemkab Jombang, pencanangan kampung organik, kerja bakti membersihkan sungai, dan penyerahan beberapa penghargaan bagi pengabdi lingkungan, kader lingkungan maupun sekolah adiwiyata, sebagai model edukasi lapangan kepada masyarakat agar tergerak berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan. Penandatanganan MoU, pencanangan kampung organik, kerja bakti massal dan penyerahan penghargaan tersebut merupakan rangkaian agenda pencangan GIB Kab. Jombang.


Untuk Informasi lebih lanjut :

1.Dra. Masnellyarti Hilman, MSc, Deputi Pengelolaan B3 Limbah B3 dan sampah, Kementerian Lingkungan Hidup;
   telp/fax : 021-85905637, email : humaslh@gmail.com atau asdep.ps@gmail.com
2.Barlin, SH, MS, Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa;
   telp : 0274-625800, fax : 0274-620702, email : publikasi@ppejawa.com atau forum.ppej@gmail.com
3.Ir. HERU WIDJAJANTO, M.Si, Kepala BLH Kabupaten Jombang; telp : 0321-861146, fax : 0321-863500


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

147 + 9 =


  • Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
    Jl. Ringroad Barat No. 100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
    Phone. 0274-625800, 0274-625811
    Fax. 0274-620702, 0274-620799
    publikasi@ppejawa.com