Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
..::Selamat Datang di Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup::.. .:: Dikarenakan Alasan Teknis, Sementara Waktu http://ppejawa.menlh.go.id belum bisa dioperasikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ::..

Tema Peringatan Hari Lingkungan 2013

28 Maret 2013 - 15:16:27 - Hits : 2352 - Posted by sugeng


KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

SIARAN PERS
PELUNCURAN PEKAN LINGKUNGAN INDONESIA TAHUN 2013

Jakarta, 28 Maret 2013. Kementerian Lingkungan Hidup meluncurkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013. Tahun ini Indonesia mengusung tema “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”, dimaksudkan untuk membuka kesadaran masyarakat atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumber daya alam termasuk pemanfaatan bahan makanan secara bijak. Tema tersebut selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”.

Peluncuran Hari Lingkungan Hidup sedunia ini dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA. Dalam sambutannya Menteri Lingkungan Hidup mengatakan, “Makna mendasar dari tema ini adalah adanya urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan”. Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3% berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya. Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan tersebut dari daerah asal ketempat tujuan. Dalam kesempatan ini, Menteri Lingkungan Hidup juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih mengutamakan pemakaian produk lokal untuk selamatkan lingkungan.

Hasil studi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) tahun 2012 menunjukkan bahwa Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masih berkisar pada angka 0,57 (dari angka mutlak 1). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan itu, KLH kembali menyelenggarakan Pekan Lingkungan Indonesia 2013 yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Hall A pada tanggal 30 Mei - 2 Juni 2013. Acara ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mengusung konsep “zero waste event”, dengan berupaya tidak mengeluarkan sampah dari lokasi. Pada saat penutupan acara PLI akan dipaparkan jumlah sampah yang dihasilkan dari kegiatan dan hasil pengolahan sampah tersebut sehingga bisa dihitung nilai ekonomi dari sampah-sampah tersebut.

Pekan Lingkungan Indonesia ke-17 ini diselenggarakan bersamaan dengan Pameran CSR yang ke-5 dan Pameran Teknologi terbarukan yang ke-3. Pekan Lingkungan Indonesia (PLI 2013) direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Dalam penyelenggaraan PLI 2013 berbagai rangkaian kegiatan akan dilaksanakan berupa :

  1. Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk anak-anak sekolah yang akan diikuti 900 peserta dengan tiga kategori lomba yang berbeda-beda.
  2. Lomba Foto Lingkungan, yang akan diikuti dari berbagai kalangan (umum, pelajar, mahasiswa dan wartawan).
  3. Eco Driving Workshop dan Rally akan dikuti oleh 100 peserta mewakili kelompok masyarakat dan individu.
  4. Lomba Green Music diikuti 30 kelompok (boy band dan girl band), musik tradisional dan penampilan artis ibukota.
  5. Eco Creative diikuti 30 peserta mewakili dunia usaha dan pemda. Eco Creative ini akan menampilkan produk-produk daur ulang dan produk-produk ramah lingkungan.
  6. Fun walk dan Fun Bike akan dikuti 2000 peserta. Pada saat digaris finis semua peserta fun walk dan fun bike akan dibagikan bibit pohon.
  7. Seminar and Workshop tingkat nasional dengan 8 judul seminar yang akan menghadirkan pembicara-pembicara para pakar dibidangnya masing-masing.


Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Ir. Ilyas Asaad, MP, MH, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup, Tlp/Fax: 8580087, email: humas@menlh.go.id


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

131 + 6 =


  • Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
    Jl. Ringroad Barat No. 100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
    Phone. 0274-625800, 0274-625811
    Fax. 0274-620702, 0274-620799
    publikasi@ppejawa.com